Monday 30 November 2015

Tutorial Android 7 : Jenis Layout Pada Android

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai layout yang bisa digunakan dalam pembuatan aplikasi android. Layout adalah sesuatu yang mendefinisikan struktur visual untuk pengguna atau dapat dikatakan juga sebagai suatu view / tampilan yang ditampilkan kepada pengguna. Pada android layout memegang peranan penting terutama pada user interface dan memungkinkan kita untuk membuat tampilan desain menggunakan file XML. Semua file layout harus di simpan dalam path /res/layout folder.
Ada beberapa jenis layout yang bisa kita gunakan dalam pemrograman android, diantaranya :
  1. Linear Layout
  2. Relative Layout
  3. Table Layout
  4. Frame Layout
  5. Grid Layout
Linear Layout
Linear layout adalah layout yang terstruktur. linear layout akan meletakkan elemen yang ada di dalamnya secara berurutan tergantung orientationnya. jika  orientationnya vertical, maka peletakan elemen akan terurut kebawah. Sedangkan jika orientationnya horizontal maka peletakan elemennya akan terurut ke samping.

Relative Layout
Relative layout adalah layout yang menampilkan elemen-elemen view dalam posisi yang relatif (sesuai dengan keinginan kita). Dengan relative layout kita akan meletakkan elemen secara bebas, tidak terurut seperti linear layout dan peletakannya berdasarkan kepada yang lain misal kepada elemen lain. Sebuah desain tampilan aplikasi bisa dibuat lebih mudah dan sederhana menggunakan Relative Layout dibandingkan dengan Linear Layout.

Table Layout
Table layout adalah layout yang menampilkan elemen view berdasarkan baris dan kolom. Jika kita pernah membuat aplikasi web ini seperti penggunaan tag <table> di HTML dengan barisnya <tr> dan kolom <td>.

Frame Layout
Frame Layout adalah layout yang menampilkan element-element di dalamnya saling menumpuk satu sama lain. Bedanya antara layout ini dengan Relative Layout adalah pada Relative Layout, kita dapat menempatkan sebuat elemen / widget posisinya di sebelah kanan/kiri/atas/bawah, sedangkan pada Frame Layout, element yang ditulis lebih akhir akan diletakkan di depan element sebelumnya, sehingga akan menutupi kecuali jika warnanya transparan.

Grid Layout
Grid layout adalah layout yang menampilkan elemen-elemen didalamnya dalam bentuk grid, contohnya seperti galery foto. Layout ini digunakan mulai pada Android 4.0

No comments:

Post a Comment