Wednesday 25 November 2015

Tutorial Android 4 : Mengenal Android Activity

Activity adalah sebuah class yang digunakan untuk membuat sebuah layout yang akan ditampilkan pada layar handphone dimana layout ini berisi interface-interface seperti button, listview, label, edit text dll. Jadi activity ini dapat di artikan sebagai tempat interaksi antara pengguna dengan aplikasi, seperti contohnya membuat panggilan telepon, mengirim pesan, atau mengirim email.
Sebuah Activity mengatur satu halaman user interface aplikasi. Sehingga jika sebuah aplikasi Android memiliki beberapa halaman user interface yang saling berinteraksi, berarti aplikasi tersebut memiliki beberapa Activity yang saling berinteraksi.

Ketika kita membuat sebuah aplikasi android di Android Studio seperti contoh pembuatan "Hello World" di artikel sebelumnya (Tutorial Android 3 : Membuat Aplikasi Pertama - "Hello World!" ) kita bisa melihat di dalam direktori java terdapat MainActivity.java yang merupakan sebuah activity, untuk lebih jelas bisa dilihat di gambar berikut :

Membuat Sebuah Activity
Untuk membuat sebuah activity, misalnya kita akan membuat sebuah activity pada aplikasi Hello World yang sudah kita buat sebelumnya.
1. Right-click pada folder java kemudian New -> Activity -> Blank Activity seperti gambar berikut,

2. Isikan Activity Name nya dengan "MyActivity" dan biarkan isian yang lainnya seperti itu. Kemudian klik Finish

3. Setiap Activity itu harus memiliki file layout dengan format xml, sehingga ketika kita tadi membuat activity dengan nama MyActivity maka secara otomatis Android Studio membuat layoutnya dengan nama activity_my.xml.

4. Setiap kita membuat sebuah activity, nama activity tersebut harus di registerkan ke dalam AndroidManifest.xml yang berada pada folder manifest. Pada Android Studi kita tidak perlu repot-repot meregisterkan karena sudah otomatis teregister pada saat pembuatan activity tadi.

Demikian penjelasan mengenai Android Activity, semoga dengan artikel ini bisa membantu dalam proses pembelajaran tentang pemmrograman android.

No comments:

Post a Comment